header ads

Segitiga Pertumbuhan Tanaman Aquascape

   Apa saja yang dibutuhkan tanaman aquascape untuk tumbuh? Mengapa banyak orang yang sudah mencoba menanam berbagai macam tanaman aquascape pada aquarium nya kemudian gagal dan tanaman tersebut mati? Mungkin artikel ini bisa membantu teman-teman sekalian.

   Untuk menumbuhkan tanaman, baik itu tanaman aquascape (tanaman air) maupun tanaman darat, kita harus mengerti dulu apa saja mau tanaman tersebut. Seperti halnya pada diri kita sendiri. Untuk tumbuh kita harus tahu apa saja yang kita harus lakukan, seperti misalnya makan, minum, dan berolah raga.

   Hal yang sama ditemukan pada tanaman. Namun kebutuhannya yang tentu saja berbeda. Yang sekarang jadi pertanyaan, apa saja kebutuhannya itu? Kalau teman-teman masih ingat pelajaran Biologi sewaktu SMP tentu masih ingat bahwa tanaman tumbuh memerlukan "Air, cahaya, dan Nutrisi".

   Mengapa saya sudah memasukkan banyak nutrisi pada aquascape saya namun tanaman saya masih tetap tidak tumbuh (Malah banyak algae nya)? Mengapa saya sudah mekai banyak cahaya pada aquascape aquarium saya namun tanaman saya malah mati? Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan di jawab di bawah ini.


   Mungkin sebuah gambar dapat mengekspresikan ribuan kata. Namun untuk lebih jelasnya akan saya jabarkan sedikit.

   Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Begitu juga pada kasus ini. Padagambar paling kiri, terlihat pemakaian cahaya yang terlalu tinggi dan Co2 yang berlebihan. Sedangkan nutrisi tidak terperhatikan. Hal ini membuat pertumbuhan tanaman terhambat karena ketidak seimbangan ketiga elemen tersebut. Begitu juga yang terjadi pada gambar tengah dan kanan. (Gambar tersebut juga menjawab pertanyaan "Apakah Co2 dibutuhkan pada aquascape?")

   Namun berdasarkan informasi dari buku Encyclopedia of Aquarium Plants karangan Peter Hiscock, saya menemukan segitiga kebutuhan pertumbuhan tanaman, namun dengan parameter yang berbeda. Untuk lebih jelasnya teman-teman bisa melihat sendiri perbedaannya:



   Pada segitiga yang dibuat oleh Hiscock, parameter nutrisi ia ganti menjadi temperatur (suhu). Mana yang benar? Ternyata semua segitiga tersebut benar (baik yang atas maupun yang bawah). Pada ensiklopedi tanaman aquarium milik Hiscock, ia membuat parameter tersebut dengan kondisi tanaman tersebut tercukupi seluruh kebutuhan nutrisinya.

   Jadi dapat disimpulkan bahwa untuk mendapatkan pertumbuhan tanaman aquascape, teman-teman harus memerhatikan aspek-aspek di bawah ini:

  1. Nutrisi,
  2. Co2,
  3. Cahaya, dan
  4. Temperatur

    Jika boleh saya menambahkan, yang perlu teman-teman perhatikan adalah Parameter Air.

   Yang jadi pertanyaan selanjutnya adalah Bagaimana menemukan keseimbangan antara semua aspek tersebut di aquascape aquarium saya? Untuk bisa menemukan keseimbangan tersebut belum ada alat yang benar-benar mutlak bisa membantu teman-teman. Hal ini disebabkan kondisi satu tempat dengan tempat lain yang berbeda-beda. Belum lagi parameter air di tiap daerah yang berbeda (kandungan air). Beberapa yang bisa teman-teman jadikan pegangan untuk menemukan keseimbangan tersebut adalah di sini:

  1. Air (Di Sini)
  2. Nutrisi (Di Sini)
  3. Cahaya (Coming Soon)
  4. Co2 (Di Sini)
  5. Temperatur (Di sini)


Sumber
Sumber

Mau belanja tanaman aquascapenya? Di Kampoeng Aquarium Shop aja

Post a Comment

11 Comments

  1. new bie pengen bertanya mas kalau boleh
    co2 itu di dalem tabung nya apa yah?
    apa ada cairannya atow gas yg harus di isi ulang kalau sudah habis?
    dan berapa kira kira harga nya mas?
    trimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas.
      Didalam tabung co2 itu isinya co2 cair. Seiring penggunaan co2 cair tersebut akan habis dan harus diisi kembali di depot pengisian Co2.
      Jenis tabung sekarang sudah banyak beredar di pasaran dan harganya pun bervariasi.
      Monggo di search yang sesuai dengan kebutuhan mas.

      Delete
  2. Ukuran tank saya 40×25×40 untuk kebutuhan penerangn/wat nya berpa mas ?

    ReplyDelete
  3. Saya mau tanya jenis ikan / hewan lain yang memakan algae itu sebaiknya apa ya mas? Kebetulan saya memelihara ikan jenis dwarf puffer fish..terimakasih

    ReplyDelete
  4. Saya mau tanya jenis ikan / hewan lain yang memakan algae itu sebaiknya apa ya mas? Kebetulan saya memelihara ikan jenis dwarf puffer fish..terimakasih

    ReplyDelete
  5. Untuk tank 60x30x40 berapa wat yg harus saya pakai lampu nya.
    Trims.

    ReplyDelete
  6. klo akuarium 120x60x60 pake lampu berapa watt yg ideal ?

    ReplyDelete
  7. Wah bro, bagian cahaya ny blm rilis?

    ReplyDelete
  8. salam master,
    saya mau nanya...
    1) berapa jarak ideal antara lampu dan aquarium...? ukuran aquarium 60cm
    2) berapa tekanan CO2 bila mengunakan tabung co2...? ukuran aquarium 60cm

    ReplyDelete
  9. Mas Kalo Nanam Tanaman Stem Tidak Terlalu Dalam Tapi Kalo Di Senggol Ngambang Itu Akibatnya Apa mas

    ReplyDelete